Kemendagri Bantah Proses KTP el Terancam Lumpuh

By Admin

nusakini.com- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai sistem administrasi kependudukan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el) berjalan dengan baik. Hal tersebut membantah pemberitaan media yang menyebutkan proses tersebut terancam lumpuh. 

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan saat ini proses administrasi kependudukan tetap berjalan. 

“Kenyataan yang ada sampai saat ini sistem administrasi kependudukan KTP el berjalan dengan baik,” ungkap Zudan melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (1/3). 

Zudan mengungkapkan selama Januari dan Februari 2017 perekaman di daerah masih berlangsung dan sebanyak 101.798 keping pencetakan KTP el masih terus dilakukan. 

Demi pelayanan masyarakat, proses lelang blanko KTP el saat ini tengah berlangsung dengan total sebanyak tujuh juta keping blanko KTP el. Blanko yang tujuh juta ini nantinya akan tersedia pada minggu ketiga Maret 2017. 

“Dengan adanya proses lelang sebanyak tujuh juta blanko KTP el ini, masyarakat yang telah melakukan perekaman dan berstatus Print Ready Record (PRR) akan segera dapat dicetak dan langsung diserahkan kepada masyarakat,” ujar Zudan. 

Zudan menambahkan, ada terdapat sebanyak 4,5 juta jiwa penduduk Indonesia yang saat ini telah merekam data yang berstatus Print Ready Record (PRR). 

Dalam hal ini pemerintah khususnya Ditjen Dukcapil Kemendagri tidak mengenal yang namanya pembatalan lelang blanko KTP el namun yang terjadi terang Zudan adalah gagal lelang. Hal ini disebabkan karena adanya perusahaan yang tidak memenuhi syarat. 

Pemerintah juga telah menjamin keamanan keseluruhan data kependudukan Indonesia dalam server database. 

“Data penduduk Indonesia keseluruhan tersimpan aman dalam server database yang berlokasi di Medan Merdeka Utara untuk KTP el dan di Kalibata untuk pelayanan SIAK serta DRC Batam untuk memback up data KTP el dan data seluruh penduduk Indonesia,” jelas Zudan. (p/ab)